Mobil murah Agya dan Ayla dengan harga mulai Rp 75 juta - Rp 100 juta
|
ilustrasi mobil agya dan ayla |
selain murah mobil ini memiliki keunggulan berikut 7 poin
di antaranya:
- Kode baru
1KR-DE
Keluarga mesin
1KR yang digunakan Toyota merupakan mesin 3-silinder segaris yang didesain oleh
Daihatsu. Akan tetapi, kode 1KR-DE tidak ditemukan di negara mana pun, alias
mesin baru yang benar-benar dibuat di Tanah Air.
Mesin ini secara
spesifik memang dikatakan mesin baru yang dibuat khusus, seperti disampaikan
Embay Sunaryo, Head Development Project Team Astra Daihatsu Motor.
- Bobot mesin
ringan
Blok mesin kode
1KR digunakan di beberapa produk Toyota, antara lain Daihatsu Xenia 1.000 cc, Daihatsu
Sirion, Toyota Aygo, bahkan produk Citroën C1 dan Peugeot 107. Keunggulannya ada
pada penggunaan bahan alumunium yang diklaim pada dasarnya hanya berbobot 69
kg, bahkan itu sudah termasuk sejumlah perangkat tambahan.
Hebatnya lagi,
bobot mesin 1KR-DE yang ada pada Agya dan Ayla ini terpangkas lagi 10 kg.
Kuncinya ada pada tutup kepala silinder yang diganti, dari aluminium menjadi
berbahan resin-plastik, yang juga mengurangi friksi.
- Lebih mudah
lagi dirawat
Satu alasan
mengapa sejumlah konsumen memilih produk Toyota - Daihatsu adalah karena
mesinnya yang simpel sehingga mudah dirawat. Namun mesin 1KR-DE bahkan lebih
mudah lagi karena tata letaknya yang membuat ruang jantung pacunya menjadi
lega.
Dalam kondisi
ini, mesin mudah dilihat-lihat, bahkan diangkat andai terjadi kerusakan parah.
- Manifold
tunggal
Satu yang juga
baru di sini adalah desain integrated exhaust manifold, yang tidak lagi terbagi
tiga pipa untuk tiga saluran pembuangan, tetapi satu pipa ke tiga saluran.
Semuanya kini
terintegrasi pada kepala silinder sehingga saluran buang lebih pendek,
disatukan dengan catalytic converter dan tempat untuk sensor oksigen. Hal ini
pun salah satunya mengurangi bobot mesin.
- Rantai timing
Salah satu
keunggulan dari keluarga mesin 1KR adalah tidak menggunakan timing belt karet
tetapi rantai. Dengan demikian, tidak ada urusan untuk rutin mengganti timing
belt lebih sering karena penggunaan rantai lebih awet, dan di sisi lain tidak
terlalu berisik.
- DOHC
Mesin 1KR-DE
mempertahankan tradisi penggunaan DOHC atau double overhead camshaft yang
memakai dua noken as di kepala silinder. Sistem ini membuat proses kerja
menjadi lebih presisi pada putaran tinggi.
- Tenaga
Dalam
keterangannya Embay mengklaim bahwa mesin Ayla memiliki teknologi lebih maju
dibanding Daihatsu Xenia 1.000 cc. Data menunjukkan tenaga mencapai 65 PS pada
putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal 8,7 kgm pada 3.600 rpm.
Angka tenaga
citycar ini lebih besar sedikit dibanding MPV Xenia 1.000 yang berdaya 63 PS.
sumber : Otosia.com